Saturday 20 February 2016

BMW M5






 Konsumen di pasaran mobil premium kedatangan tamu istimewa baru lagi di penghujung tahun. Sang tamu ini adalah produk PT BMW Group Indonesia yang berniat menambah lagi line up produknya di segmen mobil premium. Agen Tunggal Pemegang Merek BMW di Indonesia itu sudah memastikan akan memboyong sedan sport berlabel NewBMW M5 ke Tanah Air.Generasi penerus sedan sport BMW M5 yang kali pertama diperkenalkan di Indonesia tahun lalu itu menawarkan performa yang menjanjikan kenyamanan, plus aneka fitur inovatif yang dibenamkannya.Dalam undangan yang diterima Tribun, BMW Indonesia berencana merilis sedan sport dan diklaim paling kuat yang dimiliki BMW, pada Selasa (19/11/2013) ini. Di samping itu, di varian ini pula sudah dibenamkan perangkat active M Differential. Perangkat itu merupakan teknologi terbaru yang mengoptimalkan distribusi tenaga dari mesin menuju roda belakang.Wajar kalau tamu baru ini disebut bermesin paling kuat yang pernah diproduksi BMW. Bisa ditengok di balik kap mesinnya yang bersemayam mesin V8 kapasitas 4.4 liter dilengkapi M TwinPower Turbo.Kombinasi ini cukup membuat ledakan tenaga sebesar 575 hp dan dengan torsi 680 Nm. Angka itu lebih tinggi dari generasi sebelumnya di mana BMW M5 yang dirilis tahun lalu hanya ‘sanggup’ memuntahkan tenaga 560 dk pada 6.000-7.000 rpm.Tambahan lagi, BMW turut meng-upgrade program pengendalian sehingga menambah sensasi tersendiri duduk di belakang setirnya.Bukan cuma sektor mesin saja yang dijamah, sektor eksterior pun turut disegarkan. Paling kasat mata di moncongnya yang terbenam sempurna grill model terbaru berdesain double spoke. Sepasang headlampnya sudah mengadopsi adaptive LED Headlights. 





Sedangkan stoplamp sudah ber-LED yang mendongkrak kesan menawan.Ketika melongok ke interior, kesan elegan, mewah, dan berkelas gampang didapat. Impresi itu bersumber dari penggunaan trim berbahan seart karbon sehingga warna hitam menjadi begitu dominan layaknya sang kakak, BMW M6 Gran Coupe.Soal harga, pastinya menunggu hari H-nya. Cuma sebagai perbandingan saja, BMW M5 yang digelindingkan April tahun lalu banderolnya mencapai Rp 1,988 miliar. Itu harga off the road. Tinggal tambahkan saja komponen pajak pertambahan barang mewah (PPnBM), inflasi, dan lain sebagainya.pecinta BMW akan memilih Seri-1 M atau M3 untuk bersenang-senang, dan yang gemar jadi pusat perhatian lebih tepat memilih M6. Tapi bila Anda seorang eksekutif yang ingin tampil low profile tapi dengan kekuatan tanpa kompromi, M5-lah supersedan yang akan memberi segalanya.Walau di facelift ini BMW telah memberi lampu LED adaptif yang mencolok, nyatanya emblem M5 yang disematkan berukuran sangat kecil. Bumper depan belakang sporty serta lubang udara di samping juga tak cukup untuk membuat mobil ini tampak beringas. Namun itu bukan hal buruk. Di sinilah justru karakter M5 kental terlihat. Berbaju simpel, tapi di dalamnya ada sistem penggerak terhebat dari divisi M mereka.Unit mesin 4.395 cc V8 yang digunakan sama persis dengan M6 dan memberi tenaga 560 dk. Walau sistem kontrol traksi mobil ini susah payah menjaga penyaluran daya berlebihan ke roda belakang, toh ia mampu menyelesaikan 0-100 km/jam dalam 4,5 detik saja.Fitur yang tersedia serta komputer di dalamnya dioperasikan via iDrive Touch yang bisa mengenali gerakan tangan. Meski begitu bagi yang tak terbiasa akan terasa rumit mengoperasikannya. Di lain sisi, tombol-tombol yang mengatur performa dan karakter mobil sekarang lebih simpel digunakan.Berbeda dengan generasi sebelumnya yang memiliki setting memusingkan, di generasi F10 ini disederhanakan. Meski begitu Anda masih tetap memiliki 3 setelan untuk mesin, transmisi, setir serta suspensi. Berita baiknya, jika Anda tak ingin repot, tinggal tekan tombol M1 atau M2 di setir. Seketika sedan ini menjadi garang.Sementara dari desain luar, M5 terlihat seperti mobil yang kalem dan empuk, kenyataannya berbeda. Mobil ini lebih terasa seperti mobil balap ketimbang sedan nyaman. Bantingannya keras dan pengendaliannya begitu mencengkeram. Sayang suara merdu V8-nya tak begitu menonjol.Interior M5 sendiri mengalami peningkatan kualitas dengan penerapan Merino Leather yang halus untuk jok serta trimnya. Bagasi luas nan praktis yang bisa dibuka dengan tendangan di kolong juga hadir pada versi terbaru ini.Walaupun diciptakan sebagai mobil performa tinggi, BMW masih memberi fitur Auto Start/Stop yang mematikan mesin saat berhenti demi menghemat BBM. Tapi ia tetap tak bisa dibilang irit. Di dalam kota catatan kehematannya 5,5 km/l. Mungkin tak masalah bagi pemiliknya, karena mobil ini kelihatannya lebih cocok dipakai di akhir pekan saja.

sumber : auto bild dan tribun

No comments: