Wednesday, 27 January 2016

Kinematic Viscosity

Kinematic Viscosity

Kinematic Viscosity atau KV adalah nilai atau besaran viskositas suatu pelumas pada suhu operasional, biasanya diukur pada suhu 40'C dan 100'C. KV adalah tingkat kekentalan suatu pelumas dan hubungannya dalam melepas panas. KV juga memiliki batasan-batasan yang sudah diatur, antara lain adalah:

Untuk 100'C
  • SAE 0W : 3.8 cSt
  • SAE 5W : 3.8 cSt
  • SAE 10W : 4.1 cSt
  • SAE 15W : 5.6 cSt
  • SAE 20W : 5.6 cSt
  • SAE 25W : 9.3 cSt
  • SAE 20 : 5.6 cSt - 9.3 cSt
  • SAE 30 : 9.3 cSt - 12.5 cSt
  • SAE 40 : 12.5 cSt - 16.3 cSt
  • SAE 50 : 16.3 cSt - 21.9 cSt
  • SAE 60 : 21.9 cSt - 26.1 cSt
  • SAE 70 : 26.1 cSt >


Apabila pelumas memiliki Viscosity Grade 0W-30 tetapi memiliki Kinematic Viscosity 100'C 15.1 cSt, maka pelumas tersebut harus dipertanyakan kualitasnya. Perumpamaan KV pada air bersuhu 20'C adalah 1 cSt, itu berarti makin turun nilainya maka makin encer atau makin mudah mengalir. Viskositas pelumas sudah diatur sedemikian rupa, sehingga saat 100'C tidak boleh sama dengan air, maka persepsi salah apabila ada seseorang yang mengatakan “Oli X encer kayak air jadi tidak bisa melumasi dengan sempurna,” tanpa bukti empiris ucapan itu hanya hoax belaka. Karena semakin encer maka semakin baik base stock dan juga additives pack yang digunakan, sehingga oli dengan tingkat kekentalan rendah memiliki resistansi yang lebih baik pada mesin. Hal tersebut terbukti dengan maraknya mobil-mobil baru yang beredar malah menggunakan oli 0W-20 atau 0W-30, jadi tidak ada hubungannya antara encer dan melindungi.
sumber : kaskus

No comments: