Wednesday, 27 January 2016

Cold Cranking Simulator




Cold Cranking Simulator adalah metode testing yang dilakukan pada sebuah pelumas untuk mengetahui seberapa baik kualitas pelumas tersebut apabila diuji dalam suhu dingin. Biasanya pelumas akan diuji berdasarkan titik terendah yang disesuaikan dengan nilai Winter Viscosity.

  • SAE 0W | -35'C | 6,200 cP Max
  • SAE 5W | -30'C | 6,600 cP Max
  • SAE 10W | -25'C | 7,000 cP Max
  • SAE 15W | -20'C | 7,000 cp Max
  • SAE 20W | -15'C | 9,500 cP Max
  • SAE 25W | -10'C | 13,000 cP Max


Pelumas yang lulus uji dalam metode ini harus memiliki nilai Cold Cranking Simulator di bawah nilai tabel di atas. Semakin rendah nilai CCS sebuah pelumas, maka semakin baik pula kualitas pelumas pada saat suhu dingin. Memang di Indonesia hal seperti ini tidak terlalu dibutuhkan, tetapi semakin rendah nilai CCS sebuah pelumas, maka akan menjadi kebaikan saat dilakukan mesin dihidupkan pada pagi hari. Karena pelumas dengan nilai CCS rendah pasti akan melakukan perlindungan lebih optimal pada saat mesin pertama dihidupkan.
sumber : kaskus

No comments: