Monday 29 December 2008

Langkah-langkah antikarat

1. daerah rawan karat seperti rangkaian lampu bagian belakang, bagian bawah windscreen, door trim, bagasi barang dan lainnya diperhatikan seksama. Kemudian bagian tersebut dibuka agar bisa dibubuhi cairan yang mengandung bitumen (pencegah karat).
2. sekrup serta lis karet pintu dan bagasi dibuka dengan hati-hati. Kemudian dilakukan proses lap dengan kain bila ada genangan air di area tersebut.
3. bila ada kedapatan bagian yang berkarat, bisa masih relative baru, akan langsung di ampelas. Selain berfungsi merontokkan, langkah ini diambil agar tidak menjalar ke area lain.
4. langkah berikutnya, pembubuhan bersifat top-side dengan spray-gun. Artinya, bagian dekat gril dan samping berupa door trim dan penutup bagasi menjadi prioritas pengerjaan.
5.pengerjaan selanjutnya difokuskan pada bagian kolong mesin atau bersifat under-side. Bagian bawah samping, sepatbor dan kolong menjadi focus penyemprotan. Spray-gun berkekuatan 5 pk disiapkan untuk hasil yang maksimalkan hingga merata.
6. selanjutnya bercak akibat penyemprotan di bodi dibersihkan dengan cairan pembersih
7. terakhir pengecekan ulang (cek dan ricek) pada setiap sudut pengerjaan.

Thursday 18 December 2008

Beda mobil, beda perlakuan

Antara sedan kecil dan suv, tentu berbeda jarak pengeremannya. Walau sama-sama mengenakan system rem ber- ABS, tapi ini berhubungan dengan bobot kemdaraan. Serta tergantung pada beban yang diangkut mobil. Sama-sama tak dimuati beban, SUV memiliki jarak rem lebih panjang ketimbang sedan kecil. Sesuai hokum fisika, bobot berat menghasilkan momentum besar. Mobil berpenggerak 4 roda juga tidak membantu memperpendek jarak pengereman. Sebaiknya perilaku mengemudi untuk sedan dan SUV dibedakan. Semisal, membuat jarak dengan mobil di depan lebih panjang saat mengemudi SUV atau minibus.